Jagalah Hati Dan Dengarlah Suara Hati

Dalam hidup ini alangkah lebih baik kita sering-sering memeriksa diri, memeriksa batin kita. Pandanglah ke dalam hati kita, apa kata hati kita sebelum kita mengucapkannya melalui kata-kata dan tindakan kita. Sekali kita mengungkapnya melalui kata-kata dan sikap kita, maka akan sulit bagi kita untuk menariknya kembali. Karena orang sudah mencatatnya dalam hati dan terarsip dengan baik di otaknya.

Nilailah dan takarlah segala sesuatu dan peristiwa secara hati-hati dan teliti. Jangan tergesa-gesa menilai ucapan dan tindakan orang lain. Siapa tahu, justru ucapan yang pahit, tindakan yang kurang berkenan bagi kita justru menjadi obat yang mujarab bagi penyakit iri hati dan dengki kita.

Segala peristiwa dalam hidup kita bukan kebetulan belaka. Semua ada sebab dan akibat, alam sungguh adil dalam hal ini. Kata Cak Koput Koput, hukum alam itu berlaku adil bagi para penghuninya. Apa yang terjadi pada diri kita saat ini, kondisi kita saat ini, dan perlakuan yang kita terima dari orang dan tempat kerja kita saat ini ADALAH AKIBAT PERBUATAN KITA DI MASA LALU, YANG KITA LAKUKAN SECARA SADAR.

Kalau sekarang kita merasa dijauhi, kalau sekarang kita merasa di-dzolimi, merasa dihakimi wajar kita bertanya-tanya. Tetapi sekali lagi kita harus berpikir, mungkin di masa lalu hal itulah yang kita lakukan kepada orang lain, teman dan saudara kita. Mungkin sikap menerima dan ikhlas adalah jalan terbaik.

Apakah orang lain bergembira, berpesta pora dan mabuk kemenangan? dengan kondisi kita. Ah, jangan-jangan itu hanya prasangka kita saja. Tidak semua orang berpikir begitu, mungkin itu hanya dugaan kita yang lagi baper.

Kita harus terima nasihat baik dari orang yang mengatakan “Jagalah dirimu supaya hatimu jangan sarat dgn pesta pora, kemabukan dan kepentingan2 dunia ini….Ingat!!!!???”. Sungguh nasihat yang bijak dari orang yang bijak, untuk mengingatkan kita, bahwa keterpurukan seseorang bukan untuk disyukuri dan dinikmati.

Demikianlah hal ini saya sampaikan dengan baper, lho kok.

Pusat Damai, 27 Nopember 2016

Related posts

Tinggalkan Balasan