The Power Of Kepepet

Mulai akhir Januari 2016 sampai Maret 2016, merupakan bulan yang melelahkan bagi saya. Setelah sibuk sebagai Panitia RAT Koperasi Kredit CU Lantang Tipo tahun buku 2015. Saya harus dihadapkan pada kenyataan untuk segera menyelesaikan tesis. Saya memang ditugaskan oleh kantor untuk menempuh pendidikan lagi, di  Program Studi MM di Fakultas Ekonomi dan Bisnis Untan.

Penyelesaian tesis tersebut harus segera, sesuai dengan pernyataan yang saya tanda tangani sendiri. Tesis harus sudah selesai per 31 Maret 2016. Penulisan tesis dimulai dengan penyusunan proposal tesis, yang saya mulai di akhir Januari 2016. Saya lebih sering mengunjungi perpustakaan kampus. Mencari ide, inspirasi, melihat tesis-tesis mahasiswa sebelumnya.

Proposal tesis diseminarkan tanggal 18 Februari 2016, di hadapan Majelis Penguji. Proposal tesis diterima dengan perbaikan. Perbaikan diberikan waktu 2 minggu. Saya juga harus menyiapkan kuesioner penelitian. Penelitian saya terkait pemasaran kredit di Koperasi Kredit CU lantang Tipo KC Utama. Dari tanggal 18 Februari 2016 sampai dengan batas akhir penyelesaian tesis, tanggal 31 Maret 2016 hanya tersedia waktu 1 bulan 2 minggu. Waktu yang sedikit bagi saya untuk menyusun sebuah tesis.

Setelah pernbaikan proposal tesis selelsai dan diterima, saya memulai penelitian. Kuesioner yang sudah disetujui saya sebarkan kepada responden, yang merupakan anggota CU Lantang Tipo KC Utama.

Disinilah saya mulai dihadapkan kepada metode penulisan karya tulis ilmiah lagi, setelah dulu saya menyelesaikan S-1. Saya harus menghadapi lagi kaidah-kaidah penulisan ilmiah, harus mempelajari lagi teori-teori yang berkaitan dengan penelitian saya. Harus mempelajari kembali metode statistic, dan sebagainya, segala sesuatu yang berkaitan dengan metode penelitian.

Menurut saya tidak mudah, membuat stress, apalagi dibatasi dengan waktu yang sedikit. Saya lebih sering di Pontianak, terkadang harus berangkat subuh dari Bodok. Menempuh perjalanan seratusan kilometer. Menyopiri sendiri mobil.

Hasil kuesioner saya tabulasikan, sekarang saya harus analisa. Untuk analisa statistic saya menggunakan aplikasi SPSS. Awalnyakagok, saya dibantu teman untuk memperlajari dan menggunakannya. Hasil analisa harus dibahas dalam pembahasan. Selesai?, belum. Setelah semua bab disusun dan ditulis, harus dikonsultasikan lagi dengan Dosen Pembimbing II. Konsultasi dan bimbingan dengan Dosen Pembimbing II dimulai tanggal 21 Maret 2016. Selama 4 hari berturut-turut saya konsultasi, terutama Bab IV dan Bab V. Tanggal 24 Maret 2016, akhirnya bimbingan oleh Pembimbing II selesai dan di ACC untuk selanjutnya dikonsultasikan ke Pembimbing I.

Dosen Pembimbing I pada hari itu juga menyetujui Tesis saya. Artinya tesis saya diterima, dan boleh diperbanyak untuk selanjutnya didaftarkan untuk diuji dalam Ujian Tesis. Syukurlah, akhirnya saya dapat mengikuti ujian tesis yang akan dilaksanakan tanggal 7 April 2016.

Hikmah, pelajaran, dan pengalaman yang saya peroleh dari proses awal penyusunan tesis, sampai pada akhirnya disetujui untuk diuji adalah sebagai berikut:

Pertama, kerjakan tugas pekerjaan yang seharusnya dikerjakan pada saat itu juga. Jangan menunda pekerjaan. Akibatnya bisa seperti saya, dapat surat peringatan.

Kedua, kalau sudah kepepet, terjepit dan tersudut. Biasanya akan cepat dikerja, terasa lebih ringan, dan ternyata dapat dikerjakan. Teori ini banyak juga digunakan oleh para pemimpin untuk memaksimalkan kinerja bawahannya.

Terlepas dari semuanya, tanggal 7 April 2016, tesis saya diuji. Syukur kepada Tuhan Yang Maha Kuasa, tesis saya diterima, walaupun dengan perbaikan-perbaikan.

Dalam kesempatan ini juga saya mengucapkan terima kasih kepada:

  1. Ibu Dr. Barkah, SE.M.Si, Pembimbing I, sekaligus Ketua Program MM UNTAN Pontianak.
  2. Ibu Wenny Pebrianti, SE.MSc, Pembimbing II.
  3. Bapak HS. Sianipar, SE, MM, Penguji I
  4. Ibu Dr. Erna Listiana, SE.MSi, Penguji II.
  5. Semua pihak yang membantu saya menyelesaikan tesis
  6. Anak dan istriku tercinta.

Hanya Tuhan yang bisa membalas kebaikan Bapak Ibu sekalian.

Related posts

Tinggalkan Balasan